Tips Bagaimana Memulai Investasi Saham Jangka Panjang ?

by Admin

Baru ingin mulai investasi saham? alangkah baiknya kamu mempelajari beberapa tips beli saham untuk pemula dan tips investasi saham jangka panjang di sini. Investasi saham tidak pernah semudah ini, sekarang kamu bisa mulai berinvestasi walau hanya dengan modal Rp. 100 ribu saja.

Sebelum melakukan investasi tentu kamu harus membuka akun sekuritas terlebih dahulu. Lalu lakukan deposito ke akun sekuritas kamu, sekarang kamu bisa mulai investasi pada perusahaan apa pun. Tinggal pilih saja sahamnya, investasikan jumlah yang kamu inginkan dan selamat! Kamu sekarang sudah menjadi seorang investor.

tips beli saham untuk pemula

Tips Beli Saham Untuk Pemula

Investasi saham dapat dilakukan siapa pun dan kapan pun, jika kamu baru akan memulai untuk investasi saham maka lebih baik kamu membaca beberapa tips beli saham untuk pemula dan tips investasi saham jangka panjang agar kamu bisa memiliki gambaran untuk ke depannya.

Sukses dalam berinvestasi saham itu tergantung pada pemilihan saham yang tepat dan pengelolaan portofolio yang optimal. Memilih saham yang tepat dapat memberi kamu keuntungan yang lebih tinggi dari market.

Misalnya, investasi di Bank BCA (IDX: BBCA) 5 tahun yang lalu akan menghasilkan return 158% sekarang. Return ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang hanya menghasilkan return sebesar 31% dalam periode waktu yang sama.

Mengelola portofolio kamu dimulai dengan alokasi aset, yaitu menentukan berapa banyak uang yang harus kamu alokasikan untuk setiap sahamnya. Setelah membeli saham, kamu juga harus tahu kapan jual, beli atau hold saham tersebut.

Seperti yang kamu lihat, banyak waktu yang harus kamu habiskan jika ingin sukses investasi saham karena ini merupakan jenis investasi jangka panjang. Kamu harus membaca banyak sumber informasi, seperti laporan tahunan, laporan keuangan, berita terkini, tren industri, dan artikel tips beli saham untuk pemula sehingga kamu bisa menemukan saham yang tepat.

Setelah menemukan saham yang tepat, kamu juga perlu memantau saham itu untuk mempelajari peristiwa apa yang mungkin berdampak ke perusahaan tersebut.

Ini merupakan salah satu kendala pertama untuk investor saham baru. Dengan lebih dari 700 emiten di Bursa Efek Indonesia saja, banyak investor baru yang memulai dengan investasi di beberapa saham sekaligus, melalui reksadana indeks.

Reksadana indeks adalah reksadana yang dikelola oleh manajer investasi untuk mencocokkan atau melacak komponen sebuah indeks.

Investasi di reksadana indeks adalah sebuah mekanisme untuk berinvestasi di berbagai saham dengan sekali pembelian. IDX 30 adalah contoh indeks yang bagus karena merupakan indeks yang terdiri dari 30 perusahaan terbesar di Bursa Indonesia.

Jika kamu siap untuk berinvestasi pada saham individu, pastikan itu adalah perusahaan yang kamu yakini, memiliki prospek pertumbuhan yang kuat, dan rencana bisnis yang berpikiran maju.

Dan yang terakhir, pastikan kamu menikmati proses investasi kamu dan jangan lupa untuk mengetahui cara belajar saham untuk pemula agar mendapatkan return yang tinggi.

tips investasi saham jangka panjang

Tips Investasi Saham Jangka Panjang

Menabung saham merupakan langkah yang tepat untuk kamu ambil jika masih pemula dalam hal investasi. Banyak yang berpikir bahwa menabung saham hanya dapat dilakukan oleh segelintir orang-orang kaya saja.

Namun kenyataannya berbeda, kita bisa berinvestasi dengan nominal yang paling sedikit di bawah 100 ribu rupiah tergantung jenis saham yang akan kamu beli. Jadi bukan alasan lagi untuk kamu tidak melakukan investasi saham sejak dini.

Namun sebelum melakukan investasi saham, ada baiknya jika kamu membaca tips investasi saham jangka panjang karena investasi saham bukan hanya sekedar jual dan beli saham saja melainkan kamu harus mengetahui berbagai faktor yang dapat memengaruhi harga saham yang kamu beli termasuk mengetahui tips beli saham untuk pemula. Berikut ini beberapa rekomendasi atau tips investasi saham jangka panjang :

1. Analisa Kondisi Ekonomi

Pada dasarnya kondisi ekonomi dapat memengaruhi harga saham di pasar, hal ini bisa kamu jadikan sebagai indikator penting untuk mengambil sebuah langkah atau tindakan yang tepat ke depannya. Kamu dapat memanfaatkan berbagai informasi dari media berita tentang perekonomian sebuah negara untuk memahami apakah pasar menjadi oversold atau overbought.

2. Mulai Investasi Sejak Dini

Sejak dini bukan berarti kamu harus melakukan investasi sejak kecil melainkan lakukan investasi sekarang juga atau secepatnya yang kamu bisa, karena semakin lama kamu berinvestasi maka hasil yang didapatkan juga akan semakin besar. Dengan investasi juga akan menjaga aset kekayaan kamu di masa depan.

3. Adaptasi dan Sabar

Tips investasi saham jangka panjang yang paling penting yaitu dengan melakukan adaptasi secepat mungkin dan perlu kesabaran yang tinggi karena investasi jangka panjang ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Meskipun investasi saham bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek misalnya satu sampai lima tahun, tetapi hasil yang didapatkan tidak akan maksimal oleh karena itu kamu perlu melakukan adaptasi dan kesabaran yang tinggi untuk menunggu hasil yang maksimal.

4. Investasikan Kembali Dividen

Perusahaan yang secara konsisten dapat membayar dan menaikkan dividen menunjukkan bahwa perusahaan tersebut cukup stabil secara finansial, oleh karena itu akan lebih baik apabila kamu menginvestasikan kembali dividen yang diperoleh daripada apresiasi harga saham. Meskipun itu nilainya kecil, tapi jika dalam jangka waktu yang panjang akan menghasilkan perbedaan yang besar.

5. Lakukan Diversifikasi

Maksudnya adalah kamu harus melakukan investasi saham di berbagai sektor perusahaan misalnya sektor perbankan, sektor konsumer, sektor industri dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa melakukan investasi berdasarkan wilayah misalnya di pasar Asia, Eropa, Amerika, dan di beberapa pasar negara berkembang lainnya. Ini bertujuan agar hasil yang kamu dapatkan akan terus berimbang dan saling melengkapi satu sama lain jika terjadi penurunan di salah satu sektor.

Itulah tips beli saham untuk pemula dan tips investasi saham jangka panjang yang perlu kamu pelajari sebelum memulai investasi saham. Apabila kamu memerlukan ide saham, pastikan untuk mendaftar di InvestasiMudah.id dan dapatkan ide saham setiap bulan!

Tips Beli Saham yang Baik untuk Pemula
by Admin
Tips Beli Saham yang Baik untuk Pemula

Masih Bingung Bagaimana Cara Beli Saham yang Baik dan Benar ? Apakah Anda sedang mencari tahu tips beli saham untuk...

See More
Tips Bagaimana Memulai Investasi Saham Jangka Panjang ?
by Admin
Tips Bagaimana Memulai Investasi Saham Jangka Panjang ?

Baru ingin mulai investasi saham? alangkah baiknya kamu mempelajari beberapa tips beli saham untuk pemula dan tips investasi saham jangka...

See More
Kenapa Investasi Saham?
by Admin
Kenapa Investasi Saham?

Introduction Selama beberapa tahun terakhir ini, jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi jauh lebih mudah dan murah....

See More

Related Blog

Tips Beli Saham yang Baik untuk Pemula
by Admin
Tips Beli Saham yang Baik untuk Pemula

Masih Bingung Bagaimana Cara Beli Saham yang Baik dan Benar ? Apakah Anda sedang mencari tahu tips beli saham untuk...

See More
Kenapa Investasi Saham?
by Admin
Kenapa Investasi Saham?

Introduction Selama beberapa tahun terakhir ini, jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi jauh lebih mudah dan murah....

See More
Stock Market 101: Basic Investing Terms
by Admin
Stock Market 101: Basic Investing Terms

Banyak yang berpikir bahwa untuk berhasil di pasar saham itu memperlukan modal yang besar. Banyak juga yang berpendapat bahwa untuk...

See More
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x